9 Tips Belajar Main Gitar Sendiri

Gitar Alat musik petik satu ini memang lumayan populer di kalangan anak muda. Sudah nggak diragukan lagi deh bagaimana kerennya orang yang sedang bermain gitar. Wajahnya tampak syahdu, jarinya-jarinya pun lentik memainkan lagu. Kurang keren lagipula coba? Pantas saja seluruh orang berlomba-lomba ingin dapat memainkan perangkat musik ini.

Tapi, kekerenan yang dimunculkan ini nggak datang dengan instan, lho. Demi mempelajari perangkat musik satu ini ada sejumlah orang yang bahkan rela merogoh kocek demi ikut kursus dan belajar langsung dari ahlinya.

Eits, tapi tidak boleh khawatir dulu. Buat anda yang ogah atau tak terdapat budget bikin kursus, gitar dapat dipelajari sendiri kok. Asal tekun dan telaten, anda juga dapat semahir mereka yang kursus di lokasi ternama. Ingin dapat juga? Nih, Agen Bola Indonesia Di Indonesia Resmi kasih bocoran tipsnya!

9 Tips Belajar Main Gitar Sendiri

9 Tips Belajar Main Gitar Sendiri

1. Sebagai tahapan awal, anda harus tahu posisi bermain gitar yang pas dan nyaman untukmu

Sebelum mulai berlatih, urgen bagimu untuk memahami bagaimana posisi bermain dan teknik memegang gitar yang benar.

Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.
Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang unsur leher gitar dengan tangan kiri menyusun huruf V—ibu jari di unsur belakang dan 4 jari sisanya di depan.
Tahan badan gitar dengan pertolongan kaki kananmu. Kemudian, jajaki tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan sampai cepat, untuk mengajar keseimbangan.
Cobalah terus posisi memegang gitar ini masing-masing 5 menit sekali untuk membudayakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu barangkali akan terasa sakit. Tapi sesudah terbiasa, rasa sakit tersebut nggak akan hadir lagi, kok.

2. Pelajari teknik menyetel senar pada gitar. Kalau masih clueless tidak boleh ragu minta pertolongan teman

Nggak seluruh senar gitar langsung menerbitkan suara merdu ketika dipetik, lagipula baru kesatu kali dibeli. Bagi itu, senar gitar butuh di-tuning atau disetel agar tegangannya pas dan menghasilkan suara yang merdu ketika dipetik.

Nah, sebagai pemula, belajar bagaimana teknik tuning senar gitar tersebut penting lho, karena dapat membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat. Caranya:

Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang sangat tebal) ke bawah (yang sangat tipis) urutannya ialah E, A, D, G, B, dan E.
Atur tuner (putaran yang terdapat di kepala gitar) cocok dengan kebutuhanmu. Kalau mengharapkan nada yang tinggi, kencangkanlah senar gitarmu. Tapi bila menginginkan nada rendah, putar saja tuner-nya hingga senar mengendur dengan tepat.
Kencang atau kendurnya senar ini sangat memprovokasi nada yang bakal dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan dapat kamu ketahui sendiri andai sudah terbiasa mendengarnya. Nah, guna awalan, kamu dapat minta pertolongan temanmu yang telah mahir guna mengajarkan bagaimana teknik tuning yang tepat. Usahakan kamu melulu minta bantuannya sekali ini saja. Bagi itu, simaklah dengan baik agar berikutnya anda sudah dapat tuning senarmu sendiri.

3. Sekarang saatnya belajar memetik senar. Cari tahu kunci-kunci dasar dalam gitar dan usahakanlah memainkannya secara tepat

Sudah dapat tuning sendiri? Berarti kini saatnya anda mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan pun G. Setiap kuncinya, memiliki teknik sendiri guna dimainkan dan dipetik. Misalnya, ketika akan memainkan nada A, melulu senar D-G-B saja yang ditekan dan senar A-D-G-B-E (bagian bawah) saja yang dimainkan atau digenjreng. Senar E sangat atas nggak butuh ikut anda mainkan.

Pengetahuan dasar semacam ini minimal sudah anda ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci. Kalau bisa, anda catat sekalian dibuku khusus pelajaran bermain gitar agar nggak lupa.

4. Mulailah berlatih memainkan kunci-kunci dasar. Lakukan secara intensif hingga jarimu terbiasa dan makin lihai

Setelah menulis semua kunci dasar yang butuh dikuasai, kini saatnya anda mencoba memainkan kunci ini. Ini langkahnya:

Belajarlah mengurangi senar pada fret atau logam tegak lurus yang terdapat di leher gitar. Pastikan kamu melulu merasakan getaran di jari yang mengurangi senar saja.
Mulailah memainkan kunci dasar yang sudah anda catat. Pilih dari yang menurut anda termudah, contohnya kunci A sebab masih berada dalam 1 ruas yang sama.
Jangan asal genjreng saja. Usahakan kamu dapat menghasilkan nada yang merdu dan jernih.
Kalau sudah sukses memainkan 1 kunci dengan jernih, anda baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.
Ulangi langkah-langkah itu untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah dapat semua, tidak boleh langsung buru-buru hendak memainkan lagu. Berlatihlah lagi sekitar 1 minggu secara tekun supaya anda semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *